Gunakan Cara Ini untuk Optimalkan Investasi Reksa Dana Kamu

Gunakan Cara Ini untuk Optimalkan Investasi Reksa Dana Kamu

Dalam berinvestasi, tentunya keuntungan menjadi salah satu daya tariknya, meskipun investasi reksa dana tidak memberikan imbal hasil yang begitu besar, tetap saja dengan strategi yang tepat investasi reksa dana ini cukup menguntungkan, apalagi bagi Kamu yang baru akan mulai berinvestasi. Apa saja yang perlu dilakukan agar investasi reksa dana bisa berjalan dengan baik?

Investasi Reksa Dana

Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang memiliki bunga relatif tinggi dengan resiko yang lebih rendah. Tidak heran banyak pemula memulai berinvestasi menggunakan reksa dana. Bagi anda yang ingin berinvestasi di reksa dana, MOST juga menyediakan produk investasi reksa dana yang murah bisa dibeli mulai dari Rp 10.000 dan bebas pajak di https://www.most.co.id/reksa-dana . Meskipun begitu, Kamu tetap harus melakukan beberapa cara agar investasi reksa dana bisa berjalan dengan optimal, yaitu dengan melakukan beberapa hal berikut :

1. Mulai Investasi dengan Nominal Kecil

Sebagai pemula yang baru akan berinvestasi, sebaiknya Kamu memulai dengan nominal kecil terlebih dahulu, agar resiko yang Kamu tanggung juga tidak terlalu besar dan masih dalam batas toleransi. Reksa dana terdiri dari reksa dana pasar uang, reksa dana campuran, pendapatan tetap, dan saham. Perlu diingat bahwa, setiap jenis reksa dana yang berbeda, juga memiliki karakter yang juga berbeda.

2.              Tambah Pengetahuan Tentang Reksa Dana

Instrumen investasi berupa reksa dana ini cukup mudah untuk dikelola, namun Kamu tetap harus membekali diri dengan pengetahuan terkait investasi reksa dana saat akan memulai investasi. Mulai dari jenis-jenisnya, hingga faktor yang membuat nilai reksa dana naik dan turun.

3.              Tambah Pengalaman Investasi

Beberapa pengetahuan memang bisa dipelajari, tetapi ada pengetahuan yang bisa dipelajari dengan mengalaminya secara langsung, Kamu perlu menambah pengalaman berinvestasi reksa dana agar mendapatkan pengetahuan lainnya seperti penyaringan produk reksa dana, komponen yang diperlukan sebelum membeli reksa dana, hingga tata cara membeli reksa dana.

4.              Meminimalisir Biaya dalam Investasi

Pada transaksi jual beli reksa dana, tidak hanya terjadi jual beli pada umumnya, tetapi juga ada biaya yang ikut melekat, yaitu biaya beli, biaya jual, dan biaya switching. Besaran biaya ini cukup bervariasi bergantung pada jenis produk reksa dana itu sendiri. Sebisa mungkin, Kamu meminimalisir pengeluaran untuk biaya-biaya tersebut.

5.              Sesuaikan Produk Reksa Dana dengan Kemampuan

Kamu juga perlu memilih produk investasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, tentukan tujuan berinvestasi dan buat rencana investasi yang matang.

Itulah beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk mengoptimalkan investasi reksa dana, semoga bermanfaat. Bagi anda yang masih awam tentang investasi saham, www.most.co.id/saham menyediakan produk investasi saham dengan kelas investasi gratis di dalamnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.