Mengintip Strategi Investasi Saham pada Aplikasi MOST, Apa Saja?

Mengintip Strategi Investasi Saham pada Aplikasi MOST, Apa Saja?

Aplikasi MOST atau Mandiri Sekuritas Online Trading merupakan aplikasi resmi yang digunakan untuk investasi saham di BEI (Bursa Efek Indonesia).  Aplikasi ini akan sangat membantu investor atau trader yang akan menjual ataupun membeli saham. Apalagi aplikasi ini dirancang demi kenyaman setiap investornya. Menariknya lagi, aplikasi ini dapat diakses melalui berbagai jenis gadget dengan fitur-fitur pilihan yang tidak ditemukan pada platform investasi lainnya. Namun, perlu diingat bahwa transaksi saham yang Anda lakukan sebagai investor tidak bisa sembarangan. Pada artikel ini akan diuraikan strategi investasi saham pada aplikasi MOST. 

Strategi Jual Beli Saham

Saat melakukan transaksi untuk menjual ataupun membeli saham, Anda perlu melakukan strategi yang tepat agar mendapatkan keuntungan dan terhindar dari kerugian, berikut strateginya.

Perhatikan kondisi pasar

Saat melakukan jual beli saham, Anda perlu memperhatikan situasi dan kondisi pasar, hal ini dikarenakan kondisi ekonomi selalu mengalami pergerakan. Jadi saat kondisi pasar sedang lesu, Anda disarankan untuk tidak membeli saham baru, begitu juga saat tren pasar berpengaruh pada penurunan nilai saham, maka lebih baik Anda menjual saham (cut loss) untuk mencegah kerugian yang lebih banyak.

Lakukan analisis mendalam

Anda juga perlu melakukan analisa emiten dengan baik, jangan sampai Anda membeli saham dari emiten hanya karena ikut-ikutan saja. Gunakan analisis fundamental dan analisa teknikal agar tidak salam membeli saham. Analisa fundamental digunakan untuk mengecek kondisi ekonomi, tren, politik, perkembangan usaha, dan juga laporan keuangan dari perusahaan. Sedangkan analisa teknikal digunakan untuk menganalisa pergerakan saham dari waktu ke waktu.

Beli saham dan emiten potensial

Saat membeli saham, akan lebih baik jika Anda tidak hanya melihat dari pergerakan nilainya saja, tetapi juga lihat kualitas track record dari perusahaan. Anda bisa membeli saham saat harga sedang tinggi (buy in/on breakout), saat harga saham turun tetapi masih dalam batas yang wajar (buy on weakness), dan saat harganya turun tetapi ada potensi untuk naik (buy on retracement).

Modal awal dengan nilai yang wajar

Perlu Anda ketahui bahwa investasi ini penuh dengan resiko, oleh karenanya Anda perlu menaruh modal awal dalam batas nilai yang wajar dan jangan asal-asalan. Anda perlu meningkatkan kemampuan analisa dalam jual beli saham terlebih dahulu, jika Anda sudah percaya diri dengan kondisi pasar, harga saham, dan lainnya, baru Anda menambah nilai modal sedikit demi sedikit.

Perhatikan waktu untuk jual saham

Jual saham juga perlu dilakukan di waktu yang tepat, yakni saat harga saham sedang naik agar mendapatkan keuntungan, dan saat saham mengalami penurunan nilai karena faktor fundamental, serta sudah tidak ada potensinya lagi, hal ini dilakukan untuk menghindari kerugian.

Itulah beberapa strategi yang perlu Anda lakukan saat jual beli saham menggunakan aplikasi MOST. Mudah bukan? Yuk mulai atur keuangan dengan matang melalui investasi saham di https://www.most.co.id/saham. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.